4+ Tips Sebelum Membuka Usaha Bimbel yang Wajib Diketahui

Senin, 02 Juli 2018
Pendidikan adalah sebuah aset negara yang terus dikembangkan, sebuah negara akan maju apabila pendidikan masyarakatnya tinggi, dengan inilah pendidikan harus menjadi nomer satu yang harus diutamakan.

Mengenal pendidikan, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya bimbel atau bimbingan beljar. Kegiatan tambahan yang dapat digunakan sebagai tambahan pelajaran dan untuk menyelesaikan dan membahas lebih dalam tugas dari sekolah.

Selain menjadi seorang guru usaha bimbel ini sudah banyak dan menjamur dikota-kota besar maupun kecil, banyaknya permintaan orang tua untuk memesan bimbingan belajar untuk anaknya agar masa sekolahnya lebih optimal dan menjadikan anaknya jauh lebih trampil.

Baca Juga : 5 Bisnis Sampingan Bagi Para Pegawai.


Banyak sekali tempat bimbel seperti GO dan lain-lainnya. Usaha bimbel ini banyak mendatangkan keuntungan dan pengerjaannya pun bisa dilakukan dimana saja, untuk itu saya akan membahas tentang Tips Sebelum Membuka Usaha Bimbel.

Perlu saya ingatkan kembali bagi Anda yang ingin mencari informasi tips-tips bisnis, dan apapun terkait dengan bisnis Anda bisa mencari di situs BisnisIncome.xyz ini dengan cara ketikkan bisnis yang ingin Anda pelajari melalui kolom pencarian di bagian paling atas artikel ini.

Langsung saja masuk pada pembahasan utama artikel ini:


Hal hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka Usaha Bimbel.

1.  Lihat Latar Belakang pendidikan Anda.

Hal pertama sebelum memulai usaha bimbel adalah dengan melihat latar belakang pendidkan Anda, semakin tinggi pendidikan Anda saat ini maka semakin besar orang tertarik untuk menyewa Anda sebagai guru bimbel.


Pendidikan memang paling utama, hal ini ditujukan untuk memperlihatkan kemampuan Anda dalam mengajar. Usaha bimbel ini banyak tingkatannya diantaranya bimbel anak sekolah sd, smp, sma/smk. Dan juga bimbel untuk yang ingin masuk keperguruan tinggi atau universitas.

Apalagi jika berniat untuk membuka bimbel bagi para calon yang ingin masuk ke universitas, pendidikan Anda harus anatara S1-S2 dengan ini para calon juga bisa mempercayai Anda, jika Anda lulusan SMA/SMK kemungkinan besar para calon tidak akan menggunakan jasa Anda.

Tetapi tenang, untuk Anda yang lulusan SMA/SMK tidak perlu minder, Anda masih bisa membuka usaha bimbel ini. Namun dalam mengajarkan anak SD-SMP saja dan itupun harus bisa bersaing dengan para guru bimbel lainnya.

Baca Juga : Tips Membangun Bisnis Warung Kopi Bagi Pemula.

2. Memilih Metode Bimbel.

Selanjutnya adalah dengan memilih metode bimbel mana yang akan Anda gunakan, terdapat 2 jenis bimbel antara lain bimbel panggilan atau bimbel rumahan. Sesuaikan dengan ketertarikan Anda terhadap 2 metode tadi.

Untuk metode bimbel panggilan, Anda diharuskan untuk datang ke rumah peserta bimbel dan untuk proses belajar mengajarnya ya dilakukan dirumah si peserta bimbel tersebut. Dalam metode ini Anda diharuskan untuk memiliki setidaknya alat transportasi pribadi agar lebih mudah untuk perjalanannya.

Metode yang kedua adalah bimbel rumahan, bimbel yang ini berbeda dari yang pertama dimana Anda tidak perlu lagi repot repot untuk datang ke peserta bimbel melainkan peserta bimbel yang akan mendatangi rumah Anda. Dengan ini tenaga Anda tidak akan terkuras habis, untuk bimbel rumahan ini jadwalkan misalnya sore hari atau malam hari.

Pilihlah metode yang mana ingin digunakan semuanya, tetapi menurut saya yang bimbel rumahan dan tentunya juga perlu usaha untuk memasarkan usaha bimbel Anda kepada orang-orang sekitar.

3. Cari partner untuk Kerja Sama.

Partner atau teman kerja juga tidak kalah penting apabila Bimbel yang Anda kelola tersebut sudah memiliki banyak peserta, tentu Anda juga akan kewalahan untuk menanganinya sendiri untuk itulah partner diperlukan.

Untuk mencari partner juga tidak terlalu susah ajak teman-teman Anda yang masih mencari pekerjaan atau membutuhkan pekerjaan sampingan ataupun memiliki latar belakang minat dan bakat mengajar. Ajaklah mereka terlebih dahulu dengan begitu Anda tidak akan kerepotan lagi mengurus peserta bimbel.


Jangan lupa beri gaji juga kepada partner Anda, dan juga Anda berdua bisa mengembangkan usaha bimbel ini agar lebih besar dan dijangkau banyak orang.

4. Promosi itu Penting.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya membuka usaha bimbel memang tidak butuh modal, tetapi untuk mencari peminatnya itu yang cukup sulit, sebelum membuka usaha bimbel tawarkan kepada anak anak sekolahan untuk bergabung bersama usaha bimbel Anda.

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara diantaranya secara offline atau dengan membagikan brosur dan saling tukar informasi kepada orang tua yang ingin anaknya mengikuti bimbingan Anda dan promosi secara Online melalui media sosial hal ini juga tidak perlu repot - repot lagi untuk pergi kesana-kemari hanya untuk promosi kelas bimbel.

Baca Juga : 4 Rahasia Sukses jualan via Media Sosial.


Sekian dulu dari Admin tentang pembahasan Bisnis Tanpa Modal | Tips Sebelum Membuka Usaha Bimbel ini semoga dapat membantu Anda untuk membangun sebuah usaha bimbingan belajar dengan mudah dan mendapatkan banyak peminatnya.

Jangan lupa juga seperti biasa cantumkan komentar kalian dibawah ini dan apabila perlu sesuatu dengan admin bisa menghubungi via Whatsapp dengan nomor tertera di bawah ini.

Sebelum chat alangkah baiknya untuk bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol share berikut agar teman teman kalian juga bisa mencapai suksesnya dengan artikel bermanfaat ini. Terima kasih...

Terima Kasih Sudah mengunjungi situs idsale.win
Semoga dapat membantu teman teman, kirimkan komentar kalian tentang situs ini melalui kolom komentar dibawah atau hubungi via whatsapp di nomor +6289669699740

Emoticon