6 Solusi Cara Mengatasi Flashdisk Rusak atau Terkena Air

Jumat, 31 Agustus 2018
Flashdisk adalah benda kecil yang mampu menyimpan file dalam segala format seperti gambar, lagu, video, dokumen dan lainnya. Flashdisk biasanya sering digunakan oleh pelajar sekolah maupun mahasiswa kuliah yang sering digunakan untuk melakukan persentasi, mengumpulkan tugas atau sekedar copy paste saja.

Kecerobohan atau kelalaian yang biasanya terjadi pada flashdisk adalah flashdisk yang lupa diambil di saku celana sehingga menyebabkan flashdisk ikut masuk dan tercuci dan bercampur dengan air cucian, tidak hanya itu ukuran yang kecil ini membuat orang seenaknya meletakan atau membawanya sehingga secara tidak sengaja jatuh ke lantai atau genangan air. Dan akibat kelalaian inilah yang menyebabkan flashdisk mudah rusak dan error.

Ada berbagai kerusakan seperti, rusak disk 0 byte, minta di format terus, tidak terbaca, file corrupt/rusak, tidak bisa diformat, tidak bisa dibuka dan berbagai masalah lain akan timbul.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi bagi flashdisk teman teman yang sudah mengalami musibah akibat terkena air sehingga adapun solusinya dan tentu saja berikut ini cara caranya, perlu diketahui sebelumnya cara cara dibawah ini sesuai dengan apa yang saya pernah alami dimana pada suatu hari. "Saya lupa mengambil flashdisk dari saku celana, bingung saya mencari sampai sampai saat celana disetrika ada hal mengganjal di dalam celana dan ibu saya cek ternyata flashdisk ada didalamnya, sebelumnya saya sudah mengira mungkin ini flashdiks tidak dapat terselamatkan karena sudah masuk kedalam mesin cuci bercampur air namun.... apakah flashdisk rusak dan ternyata tidak ?

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Masuk ke dalam air.


3 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dengan Cepat dan Mudah


1. Segera Ambil tindakan.



Apabila flashdisk mengalami musibah misalnya tercebur ke air dalam waktu yang singkat, atau saat jatuh kalian langsung mengambilnya dan kemungkinan besar flashdisk tidak akan mengalami kerusakan. Karena masih ada casing luarnya yang menjaga nya, apabila tidak ada lanjut ke poin selanjutnya.

2. Jangan langsung tes ke Port PC/Laptop.



Jika terendam dalam waktu yang cukup lama pastikan setelah kalian mengambilnya jangan pernah lakukan tes langsung menancapkan ke dalam port di pc pada saat kondisi flashdisk masih basah, karena dikhawatirkan terjadi konsleting listrik yang membuat flashdisk error walaupun hanya sebatas untuk mengecek apakah flashdisk dapat digunakan.

Baca Juga :

3. Buka Casing dan Keringkan.



Buka saja casing yang menutupi flashdisk tersebut kemudian angin anginkan, jangan diletakkan dibawah terik matahari cukup anginkan dengan kipas angin saja cukup hingga tidak ada air atau keadaan flashdisk sudah kering dari air.

4. Tancapkan kedalam Port USB PC/Laptop.



Setelah kering untuk mengecek rusak atau tidaknya kalian bisa pasangkan ke port USB di PC atau dilaptop. Sebelumnya akan ada ribuan kemungkinan yang akan terjadi tetap berdoa agar flashdisk tetap aman.

5. Cek apabila ada kerusakan.



Berbagai masalah akan muncul seperti masalah di tulisan diatas artikel ini, untuk itu kenali masalahnya. Silahkan cari apa yang biasanya flashdisk tidak terdeteksi dan penyebabnya mungkin ada komponen yang rusak akibat retakan atau terbentur dan tidak ada solusi lainnya selain membeli baru, dan apabila flash disk terdeteksi namun tidak ada respon dan masalah lainnya bisa cari di google untuk detailnya sendiri.

Baca Juga :

6. Format Flashdisk.



Apabila flashdisk terselamatkan jangan terlalu senang sebab mungkin dampaknya akan terjadi setelah itu untuk menghindarinya, lakukan format flashdisk dengan cara klik kanan pada nama flash disk di layar pc dan kemudian pilih format lalu OK, namun sebelumnya pindahkan file yang penting karena dengan format akan mereset flashdisk kita seperti baru.

Informasi : Sebenarnya flashdisk yang terendam air memiliki potensi selamat dari kerusakan lebih besar karena hanya dengan mengeringkan flashdisk saja tetap dapat membuatnya aman dari kerusakan, kecuali akibat fisik seperti terinjak atau pecah bagian dalam flashdisk maka tidak akan ada solusinya kecuali kalian membeli flash disk baru.

Demikianlah 6 Solusi Cara Mengatasi Flashdisk Masuk dan Terkena / Air agar kita selalu siap siaga apabila kejadian tersebut kita alami dengan begitu pastikan semua tahapan dilakukan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Terima Kasih Sudah mengunjungi situs idsale.win
Semoga dapat membantu teman teman, kirimkan komentar kalian tentang situs ini melalui kolom komentar dibawah atau hubungi via whatsapp di nomor +6289669699740

Emoticon